Toad Jumping Up and Down hanaphi_ika: Obat herbal

Selasa, 13 November 2012

Obat herbal


Tanaman & Buah Asam Jawa


ASAM JAWA atau dalam bahasa latinnya Tamarinrindus Indica L ini merupakan salah satu jenis tanaman berbuah polong yg banyak tumbuh di daerah tropis. Batang pohonnya cukup keras dengan daun sangat rindang. Daunnya bertangkai panjang & bersirip genap.


KHASIAT ASAM JAWA BAGI TUBUH :

        Beberapa penyakit yg bisa disembuhkan dengan asam Jawa, serta pemanfaatannya antara lain :

¨ Batuk Kering : sediakan buah asam Jawa sebanyak tiga polong dan setengah genggam daun sanga. Kedua bahan direbus dengan empat gelas air hingga tinggal satu gelas & disaring.
     Cara menggunakan diminum dua kali sehari tiappagi & sore.

¨ Demam : Jika anggota kelurga anda ada yang demam,jangan terburu-buru memberikan obat kimia. Cobalah dengan rebusan dari satu genggam daun asam Jawa & adas. Saring air rebusan, kemudian minum dua kali sehari, pagi & sore.

¨ Bisul  :  Ambil daging buah asam Jawa yg sudah matang, direndam dalam 1 gelas air sehingga mengembang, lima iris temulawak yg dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semua bahan dididihkan sehingga air tinggal setengah. Cara menggunakan diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
     —— Sedangkan untuk obat yg ditempelkan. Ambil asam Jawa sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Cara menggunakan tempelkan ke bisul. Lakukan sampai sembuh.

¨ Gatal pada bekas luka yang sudah kering :  Ambil asam Jawa yang diseduh dengan air matang bersih. Lalu asam Jawa digosokkan ke bekas luka yang gatal. Cara lain, satu sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit,dicuci, dilumatkan. Cara menggunakannya : ditempel ke bekas luka yang gatal.


CENGKEH Bisa Redakan Sakit Gigi

Cengkeh merupakan salah satu rempah yg sering digunakan untuk bumbu masakan. Bisa membuat masakan jadi lebih wangi. Meskipun bentuknya kecil namun khasiatnya sangat besar, termasuk dapat meredam sakit gigi.
          Cengkeh memiliki aroma wangi yang khas. Tanaman asli Indonesia ini banyak digunakan untuk bumbu masakan pedas di Eropa. Kalau di Indonesia cengkeh digunakan sebagai bahan utama rokok kretek. Saat ini tanaman cengkeh sudah banyak dibudidaya di Zanzibar, India, dan Sri Langka.
          Sejak lama cengkeh digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Jika dimakan, cengkeh dapat membantu merangsang sirkulasi darah dalam tubuh. Tak hanya itu pencernaan & metabolisme tubuh juga bisa meningkat.
          Dalam pengobatan China, cengkeh sering digunakan untuk mencegah mual dan mengatasi gangguan pencernaan. Jika direbus bersama air,daun basil, daun mint,dan diminum air rebusannya, dipercaya dapat meredakan strees.
          Cengkeh bersifat antiseptik dan berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Biasanya cengkeh yang dipakai berupa minyak cengkeh dan beberapa tetes minyak dimasukkan kedalam rongga gigi yang sakit. Setelah itu antiseptik akan bekerja dan mengurangi rasa sakitnya.
          Tidak hanya dibuat minyak, cengkeh juga bisa dihaluskan hingga menjadi bubuk. Jika bubuk cengkeh dijilat atau dimakan sedikit dipercaya bisa mengurangi rasa mual & nyeri perut.


                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar