Toad Jumping Up and Down hanaphi_ika: Kunjungan Industri

Jumat, 29 November 2013

Kunjungan Industri

KUNJUNGAN INDUSTRI SISWA SMK TERUNA JAYA 1 GUNUNGKIDUL

Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan SMK sangat diupayakan proses pembelajaran yang baik. Dalam memberikan pembekalan dan pengukuran kompetensi kejuruan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan melakukan kegiatan Kunjungan Industri.
Berkaitan dengan tujuan tersebut SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul mengadakan kegiatan Kunjungan Industri yang dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2013. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, kunjungan industry pada tahun ini dilaksanakan pada empat empat yaitu :
  1. Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik
  2.   Redaksi dan percetakan Tribun Jogja
  3. Komplek Tamansari   
  4.   Pusat Perbelanjaan Malioboro

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar siswa memperoleh pengalaman dan siap untuk melanjutkan di dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di SMK. Kunjungan industry pada tahun ini diikuti oleh siswa kelas XII yang berjumlah 64 siswa dan 15 guru pembimbing.

Adapun kegiatan perjanan yang kami lakukan dalam kegitan kunjungan indusri pada tahun ini :

            Kami berangakat dari SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul pukul 07.00 WIB, tujuan pertama tempat kunjungan industry yaitu Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik yang dipimpin oleh Ramlan Subagyo M.Eng. Balai Besar Kulit, Karet danPlastik  berada  di Jalan Sukonandi No.9 Yogyakarta. Disana kami diberi penjelasan tentang   Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik misalnya dijelaskan tentang  tugas pokok dan fungsi, serta dengan fasilitas yang ada di dalam Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik. Setelah kegiatan itu kami diberikan kesempatan untuk mengetahui lebih detail lagi tentang Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik dengan berkeliling mengunjungi ruangan laboratorium  proses produksi.  Disana kami bisa dengan langsung menyaksikan proses penyamakan kulit yang akan diolah menjadi tas, sepatu, jaket dan lain- lain. Disana pula kami menyaksikan proses pembuatan sepatu kulit , mulai dari pembuatan pola sepatu sampai menjadi sepatu yang dapat digunakan.

            Setelah dari Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, kemudian kami meneruskan perjalanan menuju Redaksi Percetakan Tribun Jogja, yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 52 dan alamat percetakan di Nusupan Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Percetakan Harian Tribun Jogja dipimpin oleh Bapak Herman Darmo dan pimpinan redaksi ialah Bapak sunarko.   Disana kami diberi penjelasan tentang proses percetakan  Koran , dari pengumpulan berita sampai dengan Koran tercetak dan siap untuk didistribusikan.  Setiap hari Percetakan  Tribun Jogja mencetak sejumlah 73000 exemplar dan 24 halaman terbit.  Setelah selesai kami melanjutkan ke tempat yang berikutnya.

            Selanjutnya kami menuju tempat kunjungan industry yang ke 3 yaitu Komplek Tamansari.  Komplek Tamansari terletak di kalurahan Patehan, Kecamatan Keraton. Disana kami diberi penjelasan oleh turgaide tentang bangunan dan sejarah  Komplek Tamansari. Kompek Tamansari dibangun mulai tahun 1691 dan selesai dibangun pada tahun 1758, dijelaskan tentang fungsi pokok dari Komplek Tamansari yaitu sebagai tempat refresing para Raja dan model bangunan di Komplek Tamansari yaitu model Eropa, model Cina, model Jawa, model Portugis dan model Hindu. Adapun banguan yang ada di Komplek Tamansari antara lain :
1    1 .  Gedong Sekawan        : berfungsi untuk menyimpan gamelan dan sebagai tempat tari- tarian.
2     GapuraPanggung        : sebagai tempat raja menonton tari- tarian.
3    Sumur Gumuling         : digunakan untuk wudhu.
4    Umbul Pamuncar        : digunakan untuk mandi anak- anak raja.
5    Umbul Panguras         : digunakan untuk mandi para selir raja.
6     Umbul Binangun         : digunakan untuk mandi raja.
7     Pulau Panembung       : sebagai tempat bertapa raja.
8     Tangga lima                : symbol rukun islam, sebagai tempat untuk adzan.
9      Urung- urung              : sebagai jalan rahasia raja
10 .  Dermaga                     : untuk pemberhentian kapal- kapal.
Setelah dari Komplek Tamansari kemudian menuju pusat Perbelanjaan Malioboro. Disana siswa diberi kebebasan untuk jalan- jalan dan berbelanja. Waktu yang diberikan siswa dari guru pembmbing selama 2 jam, jam 16.00 WIB siswa berkumpul kembali di bus dan kemudian melanjutkan perjalanan pulang menuju SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul.

Kegiatan Kunjungan Industri  sangat menyenangkan , karena siswa dapat memperoleh pengalaman di dunia kerja, serta memberikan tambahan wawasan siswa lebih luas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar